Get Profit

4.11.11

Waktu Berdoa

Oleh karena do’a termasuk zikir kepada Allah, maka kita dapat berdo’a kapan saja baik dalam keadaan berdiri, duduk maupun berbaring, firman Allah:

ٳِﻥﱠﻓِﻰﺧَﻟْﻕِﭐﻟﺳﱠﻣَٰٰﻭَٰﺕِِﻭَﭐﻷََﺭْﺽِﻭَﭐﺧْﺗِﻟََٰﻑِﭐﻟﱠﻳْﻞِﻭَﭐﻟﻧﱠﻬَﺎﺮِِﻷََﻳََﺖٍ ﻷُِِﻟْﻰﭐﻷَﻟْﺑََٰﺐِ ۞ ﴿ﺁﻞﻋﻣﺮﺍﻦ: ١٩٠ ﴾
ﭐﻟﱠﺫِﻳْﻥَﻳَﺫْﻛُﺭُُﻭْﻥَﷲََﻗِﻳََٰﻣًﺎﻭَﻗُﻌُﻭْﺩًﺍﻭَﻋَﻟَٰﻰﺟُﻧُُﻭْﺑِﻬِﻡْﻭَﯾَﺗَﻓَﻛﱠﺭُﻭْﻥَ ﻓِﻰﺧَﻟْﻕِﭐﻟﺳﱠﻣَﻭَﺕِﻭَﭐﻷَﺭْﺽِﺭَﺑْﻧَﺎﻣَﺎﺧََﻟَﻗْﺕَﻫََٰﺫََﺍﺑََٰﻁِﻼًﺳُﺑْﺣَٰﻧَﻙَ ﻓَﻗِﻧَﺎﻋَﺫَﺍﺏًﭐﻟﻧﱠﺎﺭِ۞ ﴿ ﺁﻞﻋﻣﺮﺍﻦ: ١٩١﴾

Inna phi khalqissamaawaati wal ardhi wakhtilaa phillaili wannahaari laayaatiinlliuulil albaabi.
Allaziina yaz kuruu naallaha qiyaamaan waqu’udaan wa ‘alaa junu bihim wa yatafakkaruu na phi khalkissamaawaa ti wal ardhi rabbanaa maa khalaqta haazaa baathilaan subhaanaka phaqinaa ‘azaa baannaari.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS. Ali ‘Imran: 190).
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imran: 191).

Rasulullah S.A.W bersabda:

ﺧٓﻣْﺱُﻟَﻳَﺎﻝٍﻻَﺗُﺭَﺩﱡﻓِﻳْﻬِﻥﱠﺍﻟﺩﱠﱠﻋْﻭَﺓُ؛ آﻭﱠﻝُﻟٙﻳْﻟٙﺔٍﻣِﻥْﺭَﺟَﺏَﻭَﻟََﻳْﻟَﺔُاﻟﻧِﺻْﻑِﻣِﻥْﺷَﻌْﺑَﺎﻥَ ﻭََﻟََﻳْﻟَﺔُاﻟْﺟُﻣْﻌَﺔِﻭَﻟََﻳْﻟَﺔُاﻟْﻓِﻁْﺭِﻭَﻟََﻳْﻟَﺔُ اﻟﻧﱠﺣْﺭِ٠﴿ﺭﻭﻩﺍﺑﻦﺳﻛﺭﻋﻦﺍﺑﯽﺍﻣﺎﻣﺔ﴾
Khamsu layaalin laa turaddu fiihinnadda’watu; Awwalu laylatin min rajaba wa laylatun nishfi wa laylatul jum’ati wa laylatul fithri wa laylatun nahri.

Ada 5 (lima) malam yang tidak akan ditolak do’a-do’a yaitu: 1). Malam permulaan bulan Rajab, 2). Malam pertengahan bulan Sya’ban (malam nish fu Sya’ban), 3). Malam Jum’at, 4). Malam Hari Raya ‘Idul Fithri, 5). Malam Hari Raya ‘Idul Qurban. (HR. Ibnu ‘Asakir dari Abu Umaamah).

Didalam berdo’a disunnahkan mengangkat kedua tangan serta menghadap ke arah kiblat, dan dalam berdo’a yang diminta adalah hal-hal yang baik serta bermanfa’at. Janganlah dalam berdo’a untuk mencelakakan saudaranya sesama muslim, diri sendiri maupun keluarganya, karena hal ini dilarang oleh Rasulullah S.A.W. sebagaimana sabdanya:

ﻻَﺗَﺪْﻋُﻮْﺍﻋَﻟٰٓﻰﺍَﻧْﻓُﺳِِﻛُﻡْﻮَﻻَﺗَﺪْﻋُﻮْﺍﻋَﻟٰٓﻰﺍَﻮْْﻻَﺪِﻛُﻡْﻮَﻻَﺗَﺪْﻋُﻮْْﺍﻋَﻟٰٓﻰﺍَﻣْﻮَﺍﻟِﻛُﻡْ،ﻻَﺗُﻮَﺍﻓِِﻗُﻮْﺍﻣِﻦَﷲِﺳََﺎﻋَﺔًﻳُﺳْﺄَﻞُ ﻓِﻳْْﻬَﺎﻋَﻁَٓﺎﺀًﻓَﻳََﺳْﺘَﺟِﻳْﺐَﻠََﻛُﻡْ۰﴿ﺮﻮﺍﮦﻣﺳﻠﻡ﴾
Laa tad’uu ‘alaa anfusikum walaa tad’uu ‘alaa aulaadikum walaa tad’uu ‘alaa amwaalikum laa tuwaafiqu minallaahi saa ‘atan yus alu fiihaa ‘athaa an fayastajiiba lakum.

Janganlah suka berdo’a yang tidak baik terhadap dirimu sendiri atau anak-anakmu atau harta milikmu, jangan sampai hal itu bertepatan dengan saat dimana Allah menerima do’a tidak baik, maka dimustajabkan do’a itu bagimu. (HR. Muslim).

Waktu yang mustajab untuk berdo’a, sebagaimana Rasulullah S.A.W bersabda:

ﺟَﻮْﻒُﺍﻠﱠﻳْﻞِﺍْﻻَﺨِﺮِﻮَﺪُﺑُﺮُﺍﻠﺻﱠﻟَﻮَﺍﺖِﺍﻟْﻣََﻛْﺗُﻮْﺑَﺎﺖِ۰﴿ﺮﻮﺍﮦﺍﻟﺘﺮﻣﺰﻯ﴾
 
Jaufullaylil aakhiri waduburush shalawaatil maktuubati.
Di tengah malam dan sesudah shalat maktubah (Fardhu lima waktu. (HR. Turmudzi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agar tidak menulis pesan yang melanggar undang-undang dan etika, akan dihapus moderator.